Air Untuk Kehidupan Desa Gendayakan

Wonogiri – Desa Gendayakan Kecamatan Paranggupito Kabupaten Wonogiri – Jawa Tengah berdiri di atas sistem karst Gunung Sewu. Hal ini dicirikan dengan kontur wilayahnya yang terdiri dari bukit kapur bervegetasi jarang dan berakar dangkal.

Kondisi ini menyebabkan kondisi air tanah menjadi sangat dalam akibat sifat batuannya yang menyerap dan meloloskan air. Warga pun lebih banyak mengandalkan air hujan. Sayangnya, kemarau berkepanjangan 3 tahun terakhir, membuat warga makin kesulitan memperoleh air.

Tapi di balik kondisi alam tsb, ada potensi air bersih yang bisa memenuhi kebutuhan air masyarakat. Air bersih tersebut berada di dalam sungai bawah tanah yang bisa dimasuki melalui gua vertikal berkedalaman puluhan hingga ratusan meter.

Gua vertikal inilah yang awalnya dieksplorasi tim gabungan dari Padepokan Dakwah Sunan Kalijaga, Mapala GAPADRI ITNY, dan Pokmas Sukatirta Desa Gendayakan. Hasil eksplorasi ini mendapatkan sumber air di kedalam 180 meter di bawah tanah. Di tahap awal, tim berhasil memasang pompa submersibel dan mengeluarkan air hingga mulut gua.

Selanjutnya, Dompet Dhuafa melalui program Semesta Hijau, bersinergi dengan tim gabungan untuk bisa mendekatkan akses air ke masyarakat sekitar. Air yang dipompa dari dalam gua, rencananya akan ditampung di reservoir berkapasitas 8000L, lalu dipompa kembali ke bak pendorong di atas bukit. Terakhir, dari atas bukit inilah, air akan didistribusikan ke arah pemukiman warga.

Dari dalam bumi, kita alirkan air untuk kehidupan.

Bagikan:

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *