Aksi Volunteerism Hari Bumi: Hadiah Kecil untuk Bumi Kita

Aksi Volunteerism Hari Bumi

Jakarta – Aksi Volunteerism Hari Bumi 2015 bertemakan Hadiah Kecil untuk bumi Kita diawali dengan sambutan kepada para peserta di dermaga pulau pramuka. Peserta Aksi merupakan para relawan yang terpilih dengan seleksi membuat bunga dari botol plastik sebanyak-banyaknya. Selama masa seleksi telah terkumpul 466 bunga dari 15 orang pengumpul bunga.

Sabtu, 18 April 2015, 23 orang peserta pelatihan tiba di lokasi kegiatan. Setibanya di Pulau Pramuka, Peserta langsung diajak untuk menuju lokasi hutan Eduwisata ditemani oleh 2 orang panitia yang sudah menunggu di Dermaga pulau Pramuka. Setelah beristirahat dan bersiap-siap sejenak, Acara kemudian dimulai dengan pembukaan dan sambutan dari Tim Semesta Hijau. Sesi Pembukaan ini diisi dengan pemaparan mengenai tujuan diadakannya aksi hari bumi dan juga gambaran terkait program semesta hijau secara umum.

Acara berikutnya diisi dengan diskusi ringan bersama Ibu Mahariah selaku mitra pendamping masyarakat di Program Pengolahan Limbah terpadu. Diskusi diawali dengan perkenalan peserta dengan Ibu Mahariah. Kemudian, Ibu mahariah bercerita terkait asal muasal adanya program pengolahan limbah yang dibantu dari Dompet Dhuafa. Keprihatinan Ibu Mahariah muncul karena rasa kekhawatiran beliau akan pulau pramuka yang makin lama makin dipenuhi dengan sampah. Sampah ini tak hanya merusak pemandangan tapi juga mulai mengganggu ekosistem mangrove, terumbu karang dan juga hewan yang ada di sekitar pulau. “Waktu itu ada Elang Botok yang mati di pantai, setelah diperiksa ternyata Elang tersebut diperutnya banyak terdapat sampah plastik. Elang itu mengira sampah yang terapung atau mengambang di laut adalah ikan.” Elang saja bisa mati karena makan plastik, bayangkan kalau masyarakat dipulau terus membuang sampah lama-lama kita mati terkubur sampah, karena di pulau ini tak ada tempat pembuangan akhir yang layak.’ Mahariah.

Bu Mahariah juga mengapresiai para peserta yang mau berkontribusi dalam Aksi Hari Bumi di Pulau pramuka, Peserta yang hadir dari berbagai macam latar belakang akan membuat gerakan untuk menyelamatkan pulau pramuka lebih massive dan berkembang. Setelah diskusi ringan dan istirahat, agenda dilanjutkan dengan Workshop Bunga. Peserta dimentori oleh warga pulau yang telah dilatih untuk pembuatan bunga. Peserta aksi terlebih dulu dibagi menjadi 3 kelompok dengan masing-masing 1 mentor per kelompok.

Selama 2 jam lebih workshop berlangsung, peserta dilatih untuk menggunting botol sampai menjadi pola bunga tulip, mengelem batang, sampai dengan pewarnaan. Peserta terlihat asik dan menikmati kegiatan pembuatan bunga mereka akhirnya dapat membuat 50 bunga berwarna dan 20 bunga tak berwarna.

Aksi Volunteerism Hari Bumi 2

Kegiatan ini diisi dengan Games, Outbond di sekitar pulau dan kampanye kepada warga untuk membuang sampah pada tempatnya dan Penanaman mangrove oleh peserta. Kegiatan ini ditutup dengan penandatanganan ikrar cinta bumi dari peserta. (Semai/2015)

Bagikan:

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *