Atasi Krisis Air di NTT, Dompet Dhuafa Hadirkan Truk Tangki Air

Papela

Rote Ndau – Lembaga kemanusiaan Dompet Dhuafa menghadirkan truk tangki air di Desa Papela, Kabupaten Rote Ndau, Nusa Tenggara Timur guna menopang keberlangsungan volume air di sumber mata air desa tersebut. Ini menjadi salah satu program Air Untuk Kehidupan yang dilakukan Semesta Hijau Dompet Dhuafa.

“Target penerima manfaat dalam program ini adalah semua masyarakat Desa Papela yaitu sebanyak 441 KK. Tidak hanya untuk daerah papela saja, bahkan bisa menjangkau seluruh pulau Rote”, ungkap Ika Akmala, Program Manager Semesta Hijau Dompet Dhuafa, Selasa (12/5) di Rote Ndau.

Lebih lanjut, Ika menerangkan menghadirkan truk tangki tergolong konsep baru. Sebelumnya, program Air Untuk Kehidupan senantiasa memakai beberapa konsep seperti lifting, drill, pipanisasi, dll. Namun dengan menimbang latar belakang dan kondisi sosiogeografis di Rote Ndau, kali ini Semesta Hijau Dompet Dhuafa menghadirkan truk tangki. “Dengan hadirnya mobil tangki pengangkut air, kelebihannya mobilitas distribusi air akan lebih cepat dan lebih luas jangkauannya”, jelas Ika.

Selain menghadirkan truk tangki, program Air Untuk Kehidupan di Rote Ndau juga membentuk komunitas pengelola yang diharapkan adanya keterlibatan aktif dari masyarakat setempat. Ini dilakukan sebagai upaya pemberdayaan agar program dapat berjalan secara berkelanjutan dan lahirnya rasa kepemilikan oleh masyarakat setempat.

“Selain itu, program ini juga berupa pendampingan masyarakat yaitu pelatihan capacity building yang diharapkan dapat mengubah masyarakat akan sadarnya gotong royong, kerja sama, dan peduli lingkungan”, imbuh Ika. Dengan begitu, adanya program pendampingan tersebut, masyarakat di Desa Papela mampu bekerja sama untuk membangun tandon air di masing-masing RT atas dasar swadaya masyarakat.

Bagikan:

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *