Berbagi Keceriaan dengan Dongeng

LEBAK – Anak-anak tidak bisa menahan tawa ketika pendongeng mengajak bercanda sebuah boneka orang utan. Antusiasme ini terdapat dalam kegiatan Dongeng Air yang dilaksanakan di Kampung Ciseel, Desa Sobang, Kecamatan Sobang, Kabupaten Lebak -Banten pada Sabtu-Minggu (18-19/06). Kegiatan ini merupakan inisiasi Semesta Hijau Dompet Dhuafa bekerjasama dengan Dongeng Ceria Management dan Taman Baca Multatuli Kampung Ciseel.

Ardi Wahyudi, penanggung jawab kegiatan Dongeng Air menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan memberikan edukasi kepada anak-anak. “Anak-anak adalah aset masa depan. Anak-anak inilah yang akan membuat perubahan bagi Kampung Ciseel”, ujar Ardi

“Anak-anaknya senang, anak-anaknya bergembira”, ujar Kak Jani pendongeng dari Dongeng Ceria.

Kegiatan ini merupakan bagian dari pemberdayaan program Air Untuk Kehidupan Semesta Hijau Dompet Dhuafa di Kampung Ciseel. Dengan adanya kegiatan pemberdayaan masyarakat, khususnya kepada anak-anak, diharapkan ada penyadaran sejak dini tentang manfaat air untuk kehidupan.

Ubaidillah Muchtar, pendiri Taman Baca Multatuli mengungkapkan, “Saya mengucapkan terima kasih kepada Dompet Dhuafa dan Dongeng Ceria sudah datang di Taman Baca Multatuli dan memberikan motivasi untuk menyemangati anak-anak, untuk tetap ceria”

Selain penyampaian dongeng bertemakan pentingnya air, dilakukan juga pemutaran film Rayuan Pulau Palsu untuk memberikan edukasi dan informasi mengenai dampak negatif reklamasi bagi pesisir. Meskipun mayoritas masyarakat Kampung Ciseel adalah petani, hal tersebut tidak menyurutkan masyarakat Kampung Ciseel untuk menonton film yang diputar di lapangan terbuka tersebut.

Terakhir, sebagai bentuk semangat ramadhan yakni berbagi berkah untuk Indonesia, dilakukan juga pembagian kado berupa school kit guna menyambut tahun ajaran baru sekolah. (AW/Semesta Hijau)

**

 

Bagikan:

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *