Berdaya Dengan Pemanen Air Hujan

Kupang – Warga Desa Raknamo Kecamatan Amabi Oefato Kabupaten Kupang, NTT, punya cara tersendiri untuk memperoleh air bersih. Ketika musim hujan datang, warga berinisiatif menampung air hujan dan ketika masuk musim kemarau, warga mencari air dari danau atau bendungan terdekat. Hal ini dikarenakan daerah Raknamo memiliki topografi perbukitan dan tidak memiliki air tanah dangkal.

Mansur (45), warga Raknamo mengungkapkan bahwa wadah yang digunakan warga untuk menampung hujan menampung air hujan adalah drum bekas aspal yang tidak tertutup.

“Kami cari seng-seng bekas, lalu kami buat talang, masukkan ke drum, lalu kami konsumsi”, ungkapnya.

Drum bekas aspal tersebut berpotensi mengancam kesehatan. Ketika terpapar panas, sisa aspal dalam drum akan meleleh dan mengkontaminasi air yang ditampung oleh warga. Melihat kebutuhan tersebut, Semesta Hijau Dompet Dhuafa bersama dengan Bank Muamalat, menginisiasi program Air Untuk Kehidupan dengan pemberian unit PAH (Pemanen Air Hujan) dengan Filterisasi Skala Rumah Tangga kepada 18 penerima manfaat di Desa Raknamo.

Unit PAH dengan filterisasi ini bertujuan menggantikan drum bekas aspal sehingga air yang ditampung lebih higienis dan tertutup agar terhindar dari jentik nyamuk. Selain itu, pemanen air hujan tersebut juga terdapat filter penyaring air agar lebih bersih. Filter tersebut terdiri dari busa dakron, bata merah, kerikil, karbon aktif, dan batu zeolit.

Pada proses inisiasi program, warga penerima manfaat dilibatkan langsung dalam proses perakitan instalasi. Hal itu dilakukan agar prinsip kerja dan cara perawatan unit PAH tersebut dapat dipahami dengan baik.

“Metode PAH dengan filterisasi merupakan teknologi yang murah dan mudah diduplikasi dalam berbagai skala, termasuk skala rumah tangga”, kata Ardi Wahyudi, staf Program Semesta Hijau Dompet Dhuafa. Diharapkan program ini bisa diterapkan sebagai alternatif penyediaan air bersih yang higienis di daerah yang minim air tanah. (AW/Semai)

Bagikan:

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *