Berdaya dengan Pemanenan Air Hujan

CIREBON- Semesta Hijau Dompet Dhuafa bekerja sama dengan Komunitas Warga Siaga Kota Cirebon membangun sistem Pemanenan Air Hujan (PAH) di MI Darul Ulum Kelurahan Kalijaga Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon – Jawa Barat, Sabtu (16/12).

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk mengurangi dampak kekeringan dengan pemanfaatan air hujan. Sebagian besar warga hanya mengandalkan sumber mata air dari sumur-sumur yang digali di sekitar pemukiman penduduk.

“Ketika musim kemarau datang para siswa dan guru harus menggunakan air keruh yang ditampung di bak kamar mandi sekolah”,  ujar Makin Amin, Kepala MI Darul Ulum

Diharapkan, dengan adanya program PAH di MI Darul Ulum, tidak hanya dapat membantu memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat sekitar wilayah program. Selain itu, masyarakat juga dapat menduplikasi sistem PAH di rumah masing-masing.

Syamsul Ardiansyah selaku Direktur Disaster Management Center Dompet Dhuafa menyatakan, “sistem pemanenan air hujan ini semoga tidak hanya membantu dalam pemenuhan kebutuhan air warga, namun juga bisa mengurangi pengeluaran warga untuk membeli air.” tutupnya.**

Bagikan:

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *