Cegah Abrasi, Semesta Hijau Dompet Dhuafa Lakukan Sedekah Pohon di Indramayu

INDRAMAYU – Dalam rangka memperbaiki kondisi lingkungan sekaligus memperingati Hari Pohon 21 November, Semesta Hijau Dompet Dhuafa melakukan penanaman 7000 bibit mangrove di Pantai Tiris, Desa Pabean Ilir, Kecamatan Pasekan, Kabupaten Indramayu, Minggu (12/11).

Program bertajuk Sedekah Pohon ini merupakan upaya perbaikan lingkungan dengan mengedepankan pemberdayaan masyarakat lokal. Karena selain agar dapat menjaga lingkungan, masyarakat juga mendapatkan manfaat ekonomi dari pengolahan wisata hutan dan hasil hutan mangrove. Jenis pohon yang ditanam adalah jenis mangrove Rhizopora yang merupakan tanaman khas pesisir yang kini keberadaannya semakin berkurang akibat aktivitas manusia.

“Dompet Dhuafa berkomitmen terhadap penyelamatan dan pelestarian lingkungan, utamanya kawasan pesisir yang kian terkikis dampak pembangunan. Tanamlah pohon sekarang juga di mana pun. Setiap pohon sangat berarti bagi kelangsungan kehidupan di bumi” tutur Juperta Panji, Manager Social Development Program Dompet Dhuafa.

Dalam penanaman tersebut, dihadiri Kepala Desa Pabean Ilir, perwakilan Perhutani, Polsek Pasekan dan puluhan siswa-siswi Sekolah Dasar Pabean Ilir 3.

Menurut Nasito, Kepala Desa Pabean Ilir, program ini menjadi percontohan yang baik di Desa Pabean Ilir. Selain ada rehabilitasi dengan penanaman mangrove, juga ada edukasi pengenalan mangrove kepada anak-anak. “Supaya generasi muda, anak-anak (di desa) kita ini lebih peduli terhadap mangrove”, ujarnya.

Sebelumnya, masih dalam rangkaian program yang sama, Semesta Hijau Dompet Dhuafa melakukan sosialisasi pengenalan mangrove kepada siswa-siswi SDN Pabean Ilir 3, Desa Pabean Ilir, Indramayu, Sabtu (4/11). Mengusung tema “Mangrove for Student” , siswa – siswi diperkenalkan dengan berbagai jenis dan fungsi mangrove di daerah Indramayu serta ancaman kelangsungan ekosistem mangrove.

Bagikan:

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *