Dompet Dhuafa Bersama The Body Shop Indonesia Tanam Seribu Mangrove di Pesisir Karawang

Penanaman Mangrove Desa Sedari - foto: Ardi Wahyudi
Penanaman Mangrove Desa Sedari – foto: Ardi Wahyudi

Karawang – Puluhan relawan yang berasal dari relawan Dompet Dhuafa dan The Body Shop Indonesia melakukan penanaman seribu pohon mangrove di pesisir Laut Jawa, Desa Sedari, Kecamatan Cibuaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Rabu (12/10).

Penanaman pohon mangrove tersebut merupakan salah satu aktivitas program Sedekah Pohon yang digagas Dompet Dhuafa. Pentingnya fungsi mangrove dalam ekosistem pesisir laut menjadi latarbelakang hadirnya program.

“Kaitannya dengan kenaikan permukaan air laut,  mangrove  menjadi salah satu kunci penting sebagai tindakan mitigasi atau pencegahan yang dapat dilakukan,” ungkap Manager Program Semesta Hijau Dompet Dhuafa, Syamsul Ardiansyah.

Syamsul menambahkan, di kawasan pesisir, mangrove akan mendukung lingkungan pantai, menjadi tempat yang ideal bagi ikan-ikan untuk berkembang biak dan memijahkan telur-telurnya, rumah yang  nyaman bagi kepiting dan burung air, bahkan mangrove juga dapat berfungsi menyaring pencemaran logam berat dari daratan sebelummasuklautan.

“Keberhasilan merehabilitasi hutan mangrove akan berdampak pada adanya peningkatan pembangunan ekonomi, khususnya dalam bidang perikanan,  pertambakan, industri, pemukiman, rekreasi dan lain-lain,” jelas Syamsul

Desa Sedari, lokasi penanaman mangrove, merupakan kawasan pesisir yang mendapat ancaman serius akan abrasi. Sebelum tahun 2000, ada jalan umum yang menghubungkan Desa Sedari dengan desa tetangga, yakni Desa Cemarajaya. Namun abrasi Laut Utara kini memutus akses jalan tersebut.

Ada sekitar 54% hutan mangrove yang ada, kondisinya kini rusak parah. Hal  ini jelas akan merugikan nelayan dan pembudidaya tambak karena dengan berkurangnya hutan mangrove  berbanding lurus dengan menurunnya penghasilan masyarakat setempat.

Berdasarkan informasi dari warga setempat, setiap tahun, diperkirakan bibir pantai tergerus sekitar 5 meter dan puluhan penduduk bermukim di sepanjang bibir pantai harus mengungsi ke pematang tambak.  Abrasi pantai juga menyebabkan rusaknya pemukiman warga karena hempasan ombak dari pantai.

GM of Corporate Communication The Body Shop Indonesia, Rika Anggraini, menambahkan bahwa perbaikan kawasan pesisir Desa Sedari dengan penanaman kembali mangrove menjadi satu upaya bersama dari pihak masyarakat dan bisnis (korporasi) untuk mengatasi abrasi.

“Dan dukungan kami dalam program Sedekah Pohon menandai komitmen konkret The Body Shop Indonesia dan juga pelanggannya dalam upaya ikut memperbaiki lingkungan sekaligus mensejahterakan masyarakat lokal. Keterlibatan langsung staf The Body Shop Indonesia sebagai relawan hari ini dalam aksi menanam mangrove juga merupakan bentuk langsung kontribusi kami terhadap perubahan positif untuk kehidupan yang lebih baik di sekitar kami,” jelas Rika Anggraini. [AW/sumber: monitortoday.com]

Bagikan:

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *