Mencegah Abrasi dengan Aksi Ramadhan Menanam


TANGERANG – Melalui aksi Ramadhan Menanam, Semesta Hijau Dompet Dhuafa menggelar aksi menanam 1000 bibit mangrove di pesisir Tanjung Kait, Desa Ketapang, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Sabtu (11/06). Acara yang melibatkan relawan dan masyarakat sekitar ini merupakan aksi kepedulian akan pesisir Tangerang yang memprihatinkan akibat aktivitas penambangan pasir laut.

“Harapan dengan penanaman 1.000 bibit mangrove dapat mengembalikan kehidupan warga pesisir di Desa Ketapang, serta berlanjutnya program pemberdayaan bagi warga pesisir,” kata Syamsul Ardiansyah, Manager Program Semesta Hijau Dompet Dhuafa.

Masyarakat mengapresiasi kegiatan ini sebagai upaya penyelamatan lingkungan yang mengkhawatirkan. Kini ada ancaman air laut yang semakin menggeser garis pantai dan mengancam menggenangi jalan raya.

“Semoga dari aksi ini dapat menjadi penyelamat kawasan pantai di Ketapang yang sejak tahun 1990-2004 rusak karena pengerukan pasir pantai. Sekitar 50-60 hektare lahan sekitar pantai hilang,” ujar Wawan Surayu, Sekretaris Desa Ketapang.

Acara Ramadhan Menanam ini selain penanaman 1000 bibit mangrove, juga terdapat kegiatan pembagian doorprize, kultum, dan buka puasa bersama. (AW/Semesta Hijau)

Bagikan:

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *