Ngabuburit sambil Peduli Lingkungan di Acara Ramadhan Lestari 2017

CIPUTAT – Belasan ibu perwakilan PKK Kelurahan Cempaka Putih, Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan tampak antusias saat praktik penanaman hidroponik pada acara Ramadhan Lestari 2017, Sabtu (03/06).  Kegiatan Ramadhan Lestari 2017 merupakan kegiatan yang digelar Semesta Hijau Dompet Dhuafa bersama KSR (Korps Sukarela) PMI UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dalam rangka menyambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada 5 Juni sekaligus menyambut bulan suci Ramadhan.

Hidroponik merupakan metode penanaman buah atau sayur yang hanya menggunakan air tanpa menggunakan tanah. Metode ini menjadi salah satu solusi penghijauan di lahan terbatas seperti di lingkungan perkotaan. Adapun narasumber yang terlibat untuk pelatihan hidroponik ini adalah Komunitas Variabel Bebas yang sudah berpengalaman melakukan penanaman hidroponik di Kepulauan Seribu.

Menurut Widya, ketua tim penggerak PKK Kelurahan Cempaka Putih, merupakan kegiatan penghijauan alternatif yang sedang digalakkan pihak kelurahan untuk mensiasati minimnya lahan atau pekarangan. “Dengan adanya pelatihan seperti ini, pengetahuan (anggota PKK) lebih bertambah ” ungkap Widya.

Selain penanaman hidroponik, kegiatan yang berlangsung di Aula Kelurahan Cempaka Putih ini diisi juga dengan pelatihan pengelolaan daur ulang sampah plastik. Sampah merupakan masalah lingkungan yang sedang dihadapi masyarakat secara luas. Menurut Arif R. Haryono selaku manajer Social Development Dompet Dhuafa, kegiatan ini menjadi ajang untuk mengurai masalah di lingkungan sekitar, terutama masalah sampah plastik. “Sampah plastik harus kita sadari merupakan ancaman lingkungan, untuk itulah kami mendukung kegiatan ini” ujar Arif.

Untuk pelatihan pengelolaan sampah plastik, hadir Yayasan Rumah Pelangi sebagai narasumber yang berpengalaman mengolah sampah plastik. Pada pelatihan pengelolaan sampah plastik, peserta yang hadir merupakan anak-anak sebagai sarana mengasah kreativitas. Selain kegiatan pelatihan, acara ini dilengkapi juga dengan buka puasa bersama, tausiyah, santunan anak yatim, dan shalat berjamaah. (AW)

Bagikan:

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *