Peringati Hari Bumi 2016 dengan Sedekah Pohon

BANYUMAS – Dalam rangka memperingati Hari Bumi 2016, Sabtu (24/4), Semesta Hijau Dompet Dhuafa bekerja sama dengan LAZIS MAFAZA Peduli Umat menyelenggarakan program penanaman pohon bertemakan “Trees for The Earth” (Pohon untuk bumi) di Desa Dermaji, Kecamatan Lumbir, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Kegiatan ini diikuti 50 peserta, terdiri dari perangkat desa, karang taruna, MAFAZA, Semai dan warga. Selain penanaman bibit pohon dalam rangkaian kegiatan ini akan dibuat resapan air di tiga titik lokasi yang berbeda.

Sebelum dilaksanakan penanaman warga calon penerima manfaat diberikan penyuluhan oleh BAPELUH (Badan Pelaksana Penyuluhan) Kehutanan Kabupaten  Banyumas. Materi yang disampaikan oleh mencakup teknik penanaman, dari persiapan lahan sampai perawatan tanaman. Penyuluhan ini bertujuan agar warga mengerti tata cara penanaman dan perawatan yang baik agar pohon dapat tumbuh maksimal.

“Program yang dicanangkan dapat berjalan dengan baik dan dapat memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat khususnya masyarakat di lokasi program.”, ujar Ahmad Sodik, penanggung jawab acara.

Jenis bibit pohon buah yang ditanam adalah kelengkeng dan picung. Kelengkeng sebanyak 1000 pohon dan picung 1000 pohon. Untuk jenis kelengkeng bibit yg di tanam sebagian besar berasal dari hasil pencangkokan dengan harapan dalam kurun waktu dua tahun sudah dapat dipanen buahnya.(AW/Semai)

Bagikan:

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *