Peringati Hari Bumi, Dompet Dhuafa Tanam 2.500 Mangrove di Pesisir Lampung

Semesta Hijau - Sedekah Pohon Lampung

Lampung Timur – Sebanyak 2500 bibit mangrove ditanam di pesisir Desa Margasari Kecamatan Labuhan Maringgai Kabupaten Lampung Timur, Sabtu (20/4) dalam kegiatan Pekan Konservasi Sumber Daya Alam sekaligus peringatan Hari Bumi. Kegiatan ini diinisiasi Semesta Hijau Dompet Dhuafa bersama dengan Himpunan Mahasiswa Biologi FMIPA Universitas Lampung.

Kegiatan ini merupakan upaya Dompet Dhuafa dalam rangka menjaga ketahanan pesisir sebagai salah satu potensi pemberdayaan berkelanjutan.

“Di sini ke depannya akan menjadi salah satu daerah (kandidat) intervensi untuk konteks konservasi lingkungan dan pemberdayaan masyarakat pesisir” ujar Syamsul Ardiansyah, Manajer Lingkungan dan Pemulihan Dompet Dhuafa.

Rangkaian kegiatan diawali dengan diskusi publik, pembersihan area pantai, pengamatan burung, dan penanaman mangrove. Kegiatan ini juga didukung penuh oleh unsur pemerintahan desa setempat sebagai bagian konservasi wilayah dan penyediaan alternatif pangan dan obat herbal. Di pesisir Desa Maringgai, masyarakat sudah terbiasa menjadikan mangrove sebagai pangan dan obat.

“Selain untuk menahan abrasi, bisa juga untuk konsumsi dan dijadikan obat” ungkap Wahyu Jaya, Kepala Desa Margasari.

Bagikan:

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *