Peringati Hari Relawan Internasional, Semesta Hijau Gelar Malam Apresiasi Relawan

Malam Apresiasi Relawan 2017

JAKARTA – Semesta Hijau bersama dengan Dompet Dhuafa Volunteer hadirkan puluhan relawan dalam Malam Apresiasi Relawan, Selasa (5/12). Kegiatan yang berlokasi di What’s Up Cafe, Tebet, Jakarta Selatan ini dilaksanakan untuk memperingati Hari Relawan Internasional yang jatuh tiap 5 Desember.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan apresiasi terbaik kepada para relawan yang telah melakukan hal-hal baik. Selain itu ada juga sesi berbagi pengalaman antar relawan dan penerima manfaat. Relawan yang hadir merupakan relawan dari berbagai latar belakang, baik bidang kebencanaan,kesehatan, pendidikan, dan lingkungan.

Kerelawanan adalah tentang kebermanfaatan yang mengandung kebaikan. Nilai inilah yang digaungkan dalam aktivitas yang dilakukan relawan. Sebaik-baiknya manusia adalah orang yang bisa memberikan manfaat bagi orang lain. Yang disebut ‘bermanfaat bagi orang lain’ itu bukan sembarang manfaat, melainkan kebaikan. Artinya, sebaik-baiknya manusia adalah yang melalui dirinya bisa memberikan inspirasi tentang kebaikan baik untuk dirinya sendiri maupun untuk orang-orang di lingkungan sekitarnya.

“Sebaik-baiknya orang adalah orang yang mampu mengajak orang lain untuk menebarkan kebaikan kepada sesamanya”, ujar Syamsul Ardiansyah, Direktur Disaster Management Centre sekaligus penanggung jawab acara.

Semangat menebar kebaikan juga dirasakan oleh Nadhira Arini, penulis yang juga pernah menjadi relawan untuk anak- anak di Jerman.

“Saya yakin, Indonesia akan lebih baik dengan semangat pemuda-pemuda untuk rela membantu sesama”, ujar penulis yang menampilkan musikalisasi puisi pada acara malam tersebut.

Pada peringatan Hari Relawan Internasional 2017, tema yang diangkat secara global adalah “Volunteers Act First. Here. Everywhere.” Tema ini mengangkat kontribusi relawan sebagai orang yang pertama kali tanggap terhadap situasi krisis, menjawab panggilan di saat genting, menyelamatkan jiwa, dan mendukung orang lain untuk dapat hidup di masa depan yang lebih cerah.**


Bagikan:

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *