[Press Release] 13 Juta Relawan Ikut Bersih-Bersih Indonesia

Setelah sukses dengan World Cleanup Day tahun lalu pada 15 September 2018 yang mengantarkan Indonesia menjadi Negara pertama yang memimpin aksi cleanup terbesar di dunia. World Cleanup Up Day kembali digelar secara serentak di 157 negara pada 21 September 2019.

Indonesia memecahkan rekor tertinggi untuk jumlah relawan yaitu sebanyak 7.6 juta relawan dan berhasil mengumpulkan sampah lebih dari 14 ribu ton dari cleanup di seluruh Indonesia. Sedangkan tahun ini, WCD Indonesia menargetkan 13 juta relawan pada 21 September 2019.

Aksi World Cleanup Day merupakan aksi bersih-bersih serentak yang diinisiasi pertama kali oleh organisasi masyarakat di Estonia yang disebut Let’s Do It pada tahun 2008. Setelah 10 tahun perjalanan, gerakan ini disambut oleh berbagai Negara dan menjadi asal muasal lahirnya World Cleanup Day untuk melakukan aksi bersih-bersih secara serentak. Di Indonesia, World Cleanup Day diperkenalkan oleh Let’s Do It Indonesia yang merupakan organisasi di bawah jaringan Let’s Do It World pada tahun 2014. Setelah 4 tahun perjalanan, tahun lalu telah menjadi tahun sejarah bagi aksi gotong royong di Indonesia yang dinobatkan sebagai pemimpin cleanup terbesar.

Tahun ini, World Cleanup Day Indonesia mengambil tema Cleanup for Peaceful Indonesia, hal ini dikarenakan pada tanggal 21 September juga merupakan hari ditetapkannya International Day of Peace atau Hari Perdamaian International oleh PBB. Dengan bermaksud menggandeng masyarakat dari berbagai pihak dan latar belakang, WCD diharapkan menjadi momentum persatuan untuk semua orang berbuat baik untuk bumi.

“Kami telah melihat dampak yang besar dari persatuan di cleanup tahun lalu, bagaimana semua orang bersatu dari latar belakang untuk membersihkan Indonesia. Semua relawan yang terlibat telah menabrak sekat dari perbedaan baik agama, suku, budaya, semua menyatu didalam aksi cleanup. Jadi tema kali ini memang dipilih juga sebagai cerminan masyarakat Indonesia saat ini yang dipersatukan dalam berbagai aksi baik”.

Hal yang sama juga diutarakan oleh Chelsea Islan yang juga merupakan ambassador dari World Cleanup Day Indonesia. “Saya berharap seluruh masyarakat Indonesia dapat terlibat dalam aksi World Cleanup Day ini untuk membantu Indonesia menjadi lebih bersih. Apalagi tahun lalu kita menjadi Negara yang memimpin aksi cleanup terbesar di dunia, kita harus lebih semangat”, ujar salah satu selebriti ternama ini.

World Cleanup Day juga merupakan aksi yang sejalan dengan kampanye dari pemerintah Indonesia yaitu Gerakan Indonesia Bersih. Hadirnya WCD diharapkan menjadikan aksi penguat yang dapat terus membantu pemerintah untuk bersama-sama mewujudkan Indonesia bersih. Dalam hal ini, WCD telah mendapatkan dukungan penuh dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan juga Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Selain itu, World Cleanup Day juga menggandeng Rinso yang juga memiliki kampanye Yuk Mulai Bijak Plastik untuk turut serta bersama-sama membuat perubahan yang berdampak untuk Indonesia. Butuhnya perubahan perilaku masyarakat dan juga komitmen dari perusahaan sendiri yang mendorong ke arah perubahan yang lebih besar melalui kampanye Less Plastic, Better Plastic dan No Plastic.

World Cleanup Day di Indonesia juga unik tahun ini, karena untuk pertama kalinya melakukan pemetaan sampah illegal menggunakan aplikasi Qlue (https://petakansampahmu.qlue.id/). “WCD Indonesia memiliki visi yang sama dengan Qlue, yaitu menginspirasi perubahan positif di masyarakat. Sejak diluncurkan di bulan Mei, platform telah menerima lebih dari 12 ribu titik sampah” tutur CEO Qlue, Raditya Maulana Rusdi.

WCD Indonesia digerakkan oleh core team nasional yang terdiri dari 11 organisasi yaitu Let’s Do It Indonesia, DFW Indonesia, Indorelawan, Peduli Ciptaan Indonesia, Trash Hero Indonesia, Social Designee, Gerakan Mari Berbagi, Gerakan Pramuka Indonesia, Clean Action, Qlue, JCI Indonesia dan Pepelingasih.

Disamping Organisasi national, WCD Indonesia juga dibantu pergerakannya oleh beragam partner lainnya seperti Gen.T, Greeneration Foundation, Waste4Change, Dompet Dhuafa, BGBJ, IMTLI, Sahabat Pulau Indonesia, Lions Club Indonesia, Indonesia Bebas Sampah 2020, Rotary Club, Timoeh, Osoji Club, Green Moluccas, Earth Hour, Indonesia Waste Platform, KOPHI, Bank Sampah Sorong, Romawabyak Peduli Lingkungan, Bersih Bersih Bali, Suksma Bali, Sahabat Laut Indonesia, Iskindo dan berbagai komunitas lainnya di seluruh Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut silahkan menghubungi Andy Bahari (+62) 08111911933 Koordinator Marketing & Public Relation WCDI.www.worldcleanupday.org

Bagikan:

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *