Rehabilitasi Hulu Cimanuk, Semesta Hijau Tanam 2500 Pohon Produktif

GARUT – Tak kurang dari 2500 bibit pohon kopi, alpukat, dan bambu diserahkan secara simbolis pada peresmian Program Sedekah Pohon Produktif Hulu Cimanuk, Garut, Jawa Barat (19/12). Nantinya, bibit tersebut akan ditanam di lahan seluas 4 hektare di kawasan Resort Pengelolaan Hutan Mandalagiri Perum Perhutani KPH (Kesatuan Pengelolaan Hutan) Garut yang berada di Desa Simpang,  Kecamatan Cikajang, Garut, Jawa Barat. Program Sedekah Pohon Produktif Hulu Cimanuk merupakan upaya pemberdayaan masyarakat yang diinisiasi oleh Semesta Hijau Dompet Dhuafa.

Bekerja sama dengan pihak Perhutani dan Forum Komunikasi Kader Konservasi Indonesia (FK3I) Garut, program ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas wilayah Hulu Cimanuk sekaligus meningkatkan pendapatan para petani penggarap lahan.

“Banjir bandang Garut yang terjadi di tahun 2016 silam, mengingatkan kita kembali untuk lebih serius dalam memperbaiki kondisi di wilayah hulu, khususnya di Hulu Cimanuk. Menggunakan konsep perhutanan sosial, yakni pelibatan aktif dari masyarakat diharapkan program ini bisa menjadi sarana konservasi hutan dan peningkatan kualitas ekonomi petani.” jelas Syamsul Ardiansyah, Direktur Disaster Management Center dalam sambutan acara peresmian program.

Dalam peresmian tersebut turut hadir, perwakilan dari Perhutani KPH Garut, Kecamatan Cikajang dan 27 anggota kelompok tani binaan penerima manfaat program.

“Terima kasih kepada Semesta Hijau Dompet Dhuafa telah ikut membantu melestarikan kawasan hutan Hulu Cimanuk. Program ini akan kita awasi dan kawal bersama agar terwujud tujuan baik untuk semuanya.” tutur Wawan Iriawan, perwakilan Perhutani KPH Garut.**

Bagikan:

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *